Sunday, July 26, 2009

Moratel - Updates

Just found something related to Moratel and its new cable MBDC, that might be of our interest :-D
  • It seems that the branch to Melaka will also be installed in the near future (if not immeadiately); in several reports, Moratel uses BDM term (Batam-Dumai-Melaka) instead of MBDC
  • Length: 500 km (seems, incl. branch to Melaka)
  • Investment: USD 40 mn
  • GMSL is on the board! (Subcon from Triasmitra??)
  • Installation target: Batam-Dumai (08/2009); Dumai-Melaka (09/2009)
  • Inland segment: Dumai-Palembang-Lampung-Kalianda-Anyer-Jakarta (08/2009)



Sebelumnya, pada 2008, Moratel telah menyelesaikan pembangunan jaringan Java Back Bone dengan menggunakan teknologi terkini DWDM dengan kapasitas awal 80 Gbps sepanjang 2600 KM meliputi Pulau Jawa yang saat ini beroperasi dengan baik.

Presdir Mobile-8, Merza Fachys, mengungkap pihaknya baru sebatas menyewa kapasitas 210 MB. Jumlah tersebut akan ditambah seiring meningkatnya trafik akses. "Itu untuk internasional trafik gateway saja. Untuk lokal sudah satu lambda," ujarnya.

Jaringan serat optik yang disewa Mobile-8 dari Moratel tersebut digunakan untuk menyalurkan trafik akses internet EVDO dalam produk Mobi. "Kapasitas jaringan yang sudah terpakai untuk pelanggan Mobi baru mencapai 40%," pungkas Merza.

Pada tahun yang sama, Moratel juga telah mengoperasikan MIC-one, yakni jaringan SKKL antara Batam – Singapura dengan kapasitas 48 core, dan pada saat ini merupakan salah satu tulang punggung penghubung antara Indonesia dan dunia luar.


0 comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails